"Terwujudnya Nagari Manggopoh Yang Berinovasi, Mandiri dan Madani" (Manggopoh Beriman)

Artikel

Pawai Alegoris Semarakan Peringatan Perang Manggopoh ke-114 tahun 2022

16 Juni 2022 16:01:18  Manggopoh  143 Kali Dibaca  Kaba Nagari

manggopoh.desai.id – ratusan pelajar berbagai tingkatan se-Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung memaknai peringatan Perang Manggopoh ke-114 dengan menggelar arakan-arakan hias atau pawai alegoris, Kamis (16/6).

meski teriknya matahari ratusan pelajar berbusana adat dan kostum profesi dengan beragam atribut tampak semangat berjalan sejauh 3,5 kilometer. Arakan-arakan dimulai dari medan bapaneh Balai satu dan finish di tempat yang sama.

Bupati Agam diwakili Asisten I, Rahman, S.IP saat melepas pawai alegoris mengatakan, beragam cara dapat dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan yang berjuang di masa lampau.

Pawai alegoris yang digelar Pemerintahan Nagari Manggopoh ini menurutnya merupakan cara generasi muda setempat mengenang dan menghormati jasa para pahlawan, khususnya yang berjuang pada Perang Manggopoh.

Walinagari Manggopoh R.DT.Tumbijo mengatakan, semangat generasi muda merawat peristiwa sejarah Perang Manggopoh patut mendapat apresiasi, karena ini sejarah akan terus terukir ketika generasi masa kini dapat menghargai jasa para pahlawan.

R.DT.Tumbijo “Melihat semaraknya acara pawai ini, membuat kita paham betapa semangat juang mandeh siti masih hidup di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

“Untuk pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan ini, baik kepada pemerintah nagari, ninik mamak, bundo kandung dan segala unsur lapisan masyarakat yang telah menggelorakan semangat Perang Manggopoh,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Perang Manggopoh ke-114, Romi Z, SH menyebut pawai alegoris merupakan salah satu rangkai acara memperingati peristiwa Perang Manggopoh.

“Pada pawai ini pesertanya adalah para pelajar PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Rumah Tahfidz dan kelompok yang ada di Magari Manggopoh,” sebutnya.

“Pada pawai ini juga diisi sejumlah penampilan seperti teaterikal, drum band, pembacaan puisi dan pembagian door prize,” katanya.

Turut hadir pada pelepasan pawai alegoris, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Rahmi Artati, Plt. Camat Lubuk Basung, Rizona, Kapolsek Lubuk Basung, Wali Nagari Manggopoh, Ridwan Dt. Tumbijo, ninik mamak dan bundo kanduang setempat

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Nagari

 Peta Nagari

 Aparatur Nagari

Back Next

 Sinergi Program

WEBSITE AGAM WEBSITE KOMINFO AGAM
SILEK DUKCAPIL AGAM WEBSITE BPS AGAM
WEBSITE KEMENTERIAN DALAM NEGRI WEBSITE KEMENTERIAN DESA WEBSITE KEMENTERIAN KEUANGAN
WEBSITE BPJS

 Agenda

Belum ada agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Siti Manggopoh - Lubuk Basung
Nagari : Manggopoh
Kecamatan : Lubuk Basung
Kabupaten : Agam
Kodepos : 26451
Telepon : 082268156106
Email : nmanggopoh@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:590
    Kemarin:2.018
    Total Pengunjung:241.788
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.65.228
    Browser:Tidak ditemukan